Boneka Ini Jadi Pengantin dan Diarak keliling Kampung

Friday, May 10, 20130 comments


JAWA TENGAH - Warga Desa Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah memiliki tradisi unik dalam menyambut masa panen tebu dan giling tebu di Pabrik Gula Pangkah yang ada disekitar pemukiman warga. Mereka mengarak sepasang pengantin boneka yang disebut sebagai temanten tebu dari kebun tebu hingga ke mesin penggilingan.
Arak-arakan sepasang pengantin boneka yang ditandu ini merupakan awal dari prosesi ritual pengantin tebu yang dilakukan warga Desa Pangkah Tegal, Jawa Tengah dan para karyawan pabrik gula Pangkah untuk menyambut giling atau produksi gula di pabrik gula Pangkah.
Sepasang pengantin boneka yang disebut tebu temanten ini merupakan simbol bersatunya petani tebu dan pihak pabrik. Tebu temanten diarak dari kebun tebu terdekat dengan pabrik gula diiringi puluhan batang tebu yang dibawa oleh warga dan para karyawan pabrik sebagai tanda mulai penggilingan.


Administratur Pabrik Gula Pangkah Her Widodo mengatakan, ritual arak-arakan tebu temanten ini dimaksudkan agar proses gilingan berjalan lancar dan dapat menghasilkan rendaman gula yang melimpah sehingga akan meningkatkan kesejahteraan karyawan pabrik dan warga disekitar lingkungan pabrik.

Ritual tebu temanten ini berakhir dengan ditandai diletakkannya sepasang pengantin boneka yang sudah diarak beserta puluhan tebu yang mengiringinya diatas mesin penggilingan utama.










sumber : artikelfoto 1, foto 2, foto 3
Bagikan :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2013. Wawasan - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger