Agar bisa berbisnis dari mana saja, Anda harus
melengkapi tablet atau smartphone Android Anda dengan beberapa
aplikasi yang di desain khusus untuk bisnis.
Aplikasi-aplikasi ini akan membantu Anda untuk mencari dokumen yang Anda simpan, membaca dan membuat dokumen perusahaan seperti Words, Excell, Powerpoint, hingga mempromosikan bisnis Anda via social media.
Aplikasi-aplikasi ini akan membantu Anda untuk mencari dokumen yang Anda simpan, membaca dan membuat dokumen perusahaan seperti Words, Excell, Powerpoint, hingga mempromosikan bisnis Anda via social media.
Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk
mengeksplorasi dan mencari data, dokumen, gambar, atau apapun yang Anda simpan
dalam perangkat Android Anda. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa
terintegrasi dengan beberapa layanan cloud seperti Dropbox, Google Drive,
dan lain-lain. Sehingga Anda dengan mudah menemukan data Anda walaupun tersimpan
di layanancloud tersebut. Fitur ini membuatnya menjadi salah satu aplikasi
pencari dan pengksplorasi data terbaik di Android.
2. Contacts +
Seringkali, saat Anda men-singkronisasi kontak
dengan Google, Facebook, atau Yahoo, Anda akan mendapatkan daftar kontak Anda
penuh dengan duplikasi. Artinya kontak yang ada di Google akan muncul dari data
di Facebook, Yahoo, dan lain-lain.
Selain bisa menggabungkan kontak yang
terduplikasi, Contacts + juga akan membagi kontak kita berdasarkan kategori
(Google, Facebook, dll) dan juga menyediakan fasilitas sehingga kita bisa
langsung menelepon, sms, atau mengirim pesan via Whatsapp tanpa harus
gonta-ganti aplikasi.
3. Maildroid
Anda mungkin memiliki banyak sekali akun email:
email pribadi, email perusahaan, email khusus social media, email dari
zaman SMA yang tidak mau Anda tinggalkan, tapi malu memberikannya ke orang
lain. Masalahnya, aplikasi email bawaan Andorid tidak
terlalu baik dalam mengakomodir email-email ini. Dan dari sekian banyak
aplikasi email gratis yang sudah saya coba di Google Play, pilihan saya jatuh
ke Maildroid.
Aplikasi ini mampu mendeteksi secara otomatis
konfigurasi dari layanan-layanan email populer seperti Gmail, Yahoo, Outlook
(dulu Hotmail). Anda tinggal login dengan username dan password email Anda,
Maildroid akan membereskan sisanya. Selain itu Maildroid menyediakan inbox khusus
yang menampung semua email yang masuk sehingga Anda tidak perlu gonta-ganti
layanan.
4. Evernote
Seringkali yang terjadi skenarionya seperti
ini, Anda harus mencatat, Anda mencatat di kertas, Anda simpan, kertasnya
hilang, Anda lupa yang Anda catat. Skenario itu berulang walaupun Anda membuka
laptop, kebanyakan lupa dimana menyimpan catatannya, dan nama file nya
apa.
Jika skenario diatas terjadi juga pada Anda,
maka Anda membutuhkan Evernote. Evernote akan secara otomatis mensikronisasi
catatan diseluruh gadget Anda. Anda dapat mulai mencatat di tablet
atau Blackberry Anda, lalu menyelesaikannya saat Anda sudah memiliki waktu
untuk membuka laptop.
5. Tapnote
Sedangkan Tapnote adalah aplikasi yang sering
saya gunakan dalam pertemuan, seminar, atau rapat. Aplikasi ini dapat merekam
suara sekaligus mencatat pada saat yang bersamaan. Hal ini membuat aplikasi ini
menjadi pengingat yang sangat baik dalam setiap rapat.
6. MD Scanner
Scanner adalah salah satu benda yang selalu
tidak ada saat kita butuhkan. Karenanya memiliki scanner yang dapat
Anda kantongi kemanapun akan sangat membantu. Dengan aplikasi ini, saya men-scan apapun
dari mulai kartu nama, invoice, surat perjanjian, struk atm, hingga tanda bukti
pembayaran TV berlangganan.
7. gAnalytics
Ada kalanya kita ingin mengetahui berapa orang
yang sedang mengunjungi toko online kita saat ini. Kini Anda dapat
melakukannya dengan aplikasi gAnalytics. Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi tidak
resmi untuk Google Analytics,
namun memiliki fitur yang lebih baik bahkan jika dibandingkan dengan aplikasi
aslinya.
Post a Comment