Fakta Menarik Mengenai Golongan Darah

Thursday, June 27, 20130 comments


Darah manusia dikelompokkan menjadi empat jenis: A, B, AB, dan O. Setiap jenis darah juga dikelompokkan berdasarkan faktor Rhesus nya atau faktor Rh, yakni Rh positif (Rh +) atau Rh negatif (Rh-). Rhesus mengacu pada jenis lain dari antigen, atau protein, pada permukaan sel darah merah. Nama Rhesus berasal dari monyet Rhesus, di mana protein pertama kali ditemukan.

Golongan darah menjadi sangat penting ketika transfusi darah diperlukan. Dalam transfusi darah, pasien harus menerima jenis darah yang sesuai dengan dirinya. Karena jika jenis darah tidak sesuai, maka sel darah merah akan menggumpal, dan gumpalan tersebut dapat memblokir pembuluh darah dan menyebabkan kematian.
Ada beberapa fakta unik dan menarik mengenai golongan darah yang mungkin akan menambah wawasan kita, berikut ulasannya :

1. Golongan darah Tipe O dianggap sebagai "pendonor universal" karena dapat didonorkan kepada setiap golongan darah.

2. Darah jenis AB+  dianggap sebagai "penerima universal" karena orang dengan tipe ini dapat menerima semua jenis darah.

3. Berbagai jenis hewan memiliki berbagai jenis darah. Anjing memiliki 4 jenis darah, kucing memiliki 11 jenis darah, dan sapi memiliki sekitar 800 jenis darah.

4. Sebagian orang berpikir bahwa karakteristik kepribadian seseoarang dapat dilihat dari golongan darahnya. Banyak yang mengatakan bahwa Tipe A tenang dan dapat dipercaya, Tipe B adalah kreatif dan bersemangat, tipe AB bijaksana dan emosional, dan Jenis O memiliki kepemimpinan.

5. Di Jepang, tipe golongan darah sebagai acuan karakter kepribadian seseorang sangat populer sehingga ketika kita melamar pekerjaan, akan ditanya "Apa golongan darah Anda?".

6. Yang paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga adalah orang yang memiliki golongan darah O.

7. Yang paling banyak jadi direktur dan pemimpin adalah yang bergolongan darah O.

8. Yg paling mudah terkena flu/demam/batuk/pilek adalah yang bergolongan darah A.

9. Yg paling kuat ingatannya adalah tipe O.

10. berdasarkan data kepolisian lalu intas, yang paling sering kecelakaan lalu lintas adalah yang bergolongan darah A


11. Yg paling cepat botak adalah O.










sumber : referensi, foto.
Bagikan :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2013. Wawasan - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger