Google Gunakan Balon Agar Daerah Terpencil Dapat Akses Internet

Sunday, June 16, 20130 comments


Google belum lama ini menerbangkan balon-balon berukuran besar ke angkasa. Aksi ini bukan untuk tontonan seperti halnya festival balon, tapi demi membawa internet ke wilayah-wilayah yang selama ini susah dijangkau layanan internet. Wilayah yang dimaksud, antara lain puncak gunung, kepulauan terpencil, maupun hutan belantara.
Program yang dinamakan dengan Project Loon ini dimulai dari Selandia Baru. Pekan lalu, seperti diberitakan oleh Mashable, Google meluncurkan 30 balon yang terintegrasi dengan internet di wilayah Canterbury, Selandia Baru. Menurut pemimpin proyek Mike Cassidy, balon-balon berwarna putih dan menyerupai ubur-ubur itu diterbangkan dengan kombinasi tenaga angin, tenaga surya, dan sistem algoritma yang memungkinkan tinggal tetap di langit. Balon-balon itu, sambung Cassidy, dilengkapi alat kontak dengan antena-antena yang di pasang di tanah, puluhan ribu kaki di bawahnya untuk proses akses internet.
Balon-balon tersebut mirip dengan proyek Internet Google sebelumnya yang diujicobakan di skala lebih kecil di Afrika dan Asia. Proyek Google ini memiliki misi utama untuk membawa internet ke ada dua per tiga wilayah bumi yang belum bisa mengakses internet sama sekali.








sumber : artikel
Bagikan :

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2013. Wawasan - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger